By: Rahmawati Sahing

Sabtu, 22 September 2012

I Can't See The World Without You!


Mataku minus. Itu udah lama banget aku derita. Aku mulai memakai kacamata di usia dua belas tahun, tepatnya pas kelas satu SMP. Aku langsung divonis menderita minus dua pada mata sebelah kanan, dan minus dua koma lima di mata sebelah kiri oleh optician yang memeriksaku di optik pas mau ngukur kacamata untuk pertama kalinya. Mataku emang gak kompak ya, minus aja pake acara beda nol koma lima segala! Ckckck….
Penyebab utama mengapa mataku jadi minus alias rabun jarak jauh adalah keseringan membaca buku sambil baring atau di tempat yang cahayanya redup, nonton tv jaraknya terlalu dekat dengan mata dan sering kelamaan depan komputer (dulu aku hobi banget maen game di komputer).
Mungkin sebagian orang menganggap kalo pake kacamata itu keren, soalnya bisa keliatan pinter, kayak anak-anak jenius gitu! Atau sekedar keliatan gaya. Tapi menurut aku sendiri, pake kacamata itu…..ribet. Kemana-mana mesti ingat dipake kalo gak mau di jalan tiba-tiba jadi kesandung dan kecebur di got gara-gara mata gak bisa ngeliat jalanan dengan jelas. Atau salah mengenali orang, disangkain Nyi Roro Kidul, padahal itu cuma si Fany yang pake make-up  ketebelan pas mau nari. Belum lagi kalo musim hujan datang, aku harus selalu menyiapkan perlengkapan pembersih kacamataku di dalam tas yang selalu aku bawa kemana-mana. Gak banyak sih, cuma sebotol imut cairan pembersih lensa, dan kain lapnya. Soalnya, kalo tiba-tiba kacamataku gak sengaja kecipratan air hujan aku harus segera membersihkannya. Soalnya kalo gak dibersihin rasanya gak enak  banget dipake. Keliatannya ada titik-titik air yang gede menghalangi depan mata, trus kalo ngeliat orang, orang itu akan terlihat seperti monster gendut yang matanya mencong ke kiri dan kekanan, gak punya hidung, ada tanduk di kepalanya, mulut dower, dan gigi yang gede-gede (hahaha…lebay). Menyeramkan! Dan aku gak mau ngeliat orang-orang di sekelilingku kayak gitu.
Dan parahnya, dari tahun ketahun minusnya mataku ini tambah naik, jadi penglihatan juga jadi tambah burem. Aku sering gak sengaja kejedot lemari atau nabrak kursi pas bangun tidur kalo lupa pake kacamata. Dan lebih parah lagi kalo penyakit pikunku kambuh. Aku biasanya langsung jadi panikan sendiri. Waduh, kacamataku….kacamataku mana! Aku gak bisa ngeliat! Di mana…di mana? Mataku ilang. Bolongan idungku kok cuma satu ya?!?! TIDAKKKKK…. Kemudian…Gedubrakkk….Gluduk gluduk gluduk…Breekk. Yah, aku jatuh di tangga. Huftt…rasanya sakit banget!
Trus, si Fany biasanya langsung tereak. “TANTE…..KACAMATANYA ADA DI ATAS TIPI!”
Kalo udah kayak gitu, aku cuma bisa mendengus kesal. Kenapa gak bilang dari tadi sih! (Lah, kok malah nyalahin orang. Salah sendiri kan lupa nyimpennya di mana).
So, bisa dibilang semua aktifitas yang aku lakuin bakalan terganggu kalo tanpa si kacamata. Semuanya pasti bakalan jadi kacau. Tanpa si kacamata, aku gak bisa melihat dengan jelas indahnya dunia ini, gantengnya cowok-cowok dan imut-imutnya anak-anak tetangga. Hahaha…(apaan sih!)
Pernah sih, bahkan banyak orang yang nyaranin buat operasi lasik aja atau pake soft lens aja, biar gak ribet katanya. Tapi, kendalanya adalah…..AKU-GAK-PUNYA-DUIT! Lagian, sebenarnya jujur aku agak-agak ngeri kalo dengar kata “operasi” apalagi operasi lasik untuk mata. Hiiiihh….gak kebayang deh, kalo misalnya sementara operasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, pas operasi tiba-tiba gempa bumi, trus dokternya langsung lari ninggalin aku untuk menyelamatkan diri, sementara operasinya belum selesai. OMG, aku gak mau kalo mataku malah gak bisa ngeliat sama sekali. Trus kalo pake soft lens aku juga rada-rada risih, soalnya banyak juga yang bilang mata bisa lecet kalo keseringan diganti-ganti, pupilnya bisa cedera, atau kalo lagi buru-buru yang ada matanya malah jadi kecolok  saking buru-burunya. Atau kalo penyakit pikunku kambuh tiba-tiba, yang ada bukannya dipasang di mata tapi malah dipasang di bolongan idung, trus gak bisa napas, malah megap-megap, semaput!. Oh, no! aku gak mau itu terjadi.
Jadi, kayaknya emang yang paling nyaman dan aman untuk aku saat ini adalah pake KACAMATA aja. Dunia juga bakalan tetap indah dipandang meski dibalik kacamata. Gak ada bedanya. Semuanya bakalan tetap sama dengan yang dilihat orang yang matanya normal. Bedanya, sih kalo kacamatanya dilepas aja. Pandangan bakalan jadi agak-agak burem, gak jelas, tapi yang penting tujuan hidup harus tetap jelas dong! So, I think, I can’t see the world without you. My Glasses… I need You!

Nih, salah satu kacamata favoritku!

Kacamata ini aku baru beli pas bulan ramadhan kemaren,
trus pertama dipake pas hari lebaran. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar