By: Rahmawati Sahing

Rabu, 17 Agustus 2011

Ikut Upacara dong!!!!


17 Agustus 2011. Bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan. Hari ini tepat perayaan 66 tahun kemerdekaan bangsa Indonesia. Yup! Seperti biasa, kegiatan tahunan anak sekolahan adalah…… jreng…..jreng….. UPACARA BENDERA. Ya… waktu zaman SMP n SMA dulu aku juga rajin banget ikut, soalnya sering diancam dapat sanksi kalo nggak ikut sama guru BP. Hehehe….. ya, kadang-kadang sering kepikiran juga sih, aku itu ikut upacara bendera 17-an Cuma karena tekanan dari guru BP bukannya karena kesadaran akan cinta tanah air. Tapi setelah aku kuliah aku baru menyadari hal itu. Mungkin karena pas masuk kuliah, waktu kegiatan OSPEK aku baru menyadari betapa menderitanya aku saat disiksa senior. Aku berasa jadi warga pribumi yang dipaksa kerja rodi sama penjajah….. huuh… menyebalkan! Di situlah aku menyadari bahwa kemerdekaan sangat penting!
Berangkat dari kisahku tadi yang meningkatkan rasa nasionalismeku, maka aku ingin menularkannya pada keponakan yang notabene juga dapat tugas dari sekolahnya untuk ikut upacara bendera.
Kebetulan hari ini Fany katanya dapet giliran mengikuti upacara penurunan bendera. Ketika jam sudah menunjukkan pukul 16.00 aku nanya ke Fany,” Eh, belum siap-siap?  Kirain mau ikut upacara?”
“ Enggak, ah! Males. Lagian teman-temanku juga banyak yang nggak ikutan. Lagi capek, kan lagi puasa!” jawabnya songong.
“ Iya, ini memang lagi puasa, tapi itu nggak bisa jadi alesan. Biar bagaimanapun kamu harus nunjukin semangat nasionalisme kamu, dong!” kataku ngotot.
“ Ngotot banget, sih! Ya, udah! Mendingan Tante aja yang ikutan, gantiin aku. Tuh seragam putih abu-abuku, ada di kursi. Pake aja!” jawabnya tambah songong.
Aku diam. Berpikir. Nih, anak belum pernah aja ngerasain dijajah sama Belanda kali ya……… apa aku aja yach yang ngejajah dia?! Hehehe…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar